HIDROPONIK : PESONA PERTANIAN DESA WISATA TARAJU

Terlintas dalam benak kita ketika mendengar Taraju adalah hamparan luas kebun teh yang hijau dan asri, udara yang sejuk, destinasi wisata yang mampu menghilangkan hiruk pikuk kota serta jajanan khas olahan industri rumahanya, seperti entog mulang, dapros. Desa yang memiliki ketinggian 952 dpl ini memiliki sisi lain yang unik, yaitu inovasi pertanian di rumah warga yang praktis dan jauh dari kata kotor, yaitu pertanian dengan sistem hidroponik. System hidroponik ini adalah system bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah, sehingga cocok untuk untuk rumah yang memiliki lahan minimalis dengan system yang sederhana, dimana barang barang dapat didapatkan digudang rumah. System pertanian hidroponik ini menggunakan media air yang berputar secara terus menerus yang melalui paralon bertingkat dengan menggunakan pompa aquarium.

Dibantu KKN-PPM UGM UNIT TARAJU 2017 , warga membuat hidroponik ini dirumah dan dikantor kantor perangkat pemerintahan, penghiasan juga dilakukan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia 75.

Sistem pertanian yang asing bagi masyarakat luar desa taraju ini menjadikanya salah satu daya tarik desa taraju sebagai desa wisata yang edukatif, tidak hanya mengenai keindahan alam tetapi juga anda dapat mengenalkan kepada anak anak tentang pertanian yang menyenangkan. Selamat menikmati liburan bersama keluarga.

Facebook Comments